Pengeboran Sumur Baru Lapindo Akan Dihentikan Oleh Menteri ESDM

Beberapa hari yang lalu, memang muncul kabar bahwa PT Lapindo Brantas akan melakukan pengeboran sumur baru. Hal ini tentunya langsung mendapat kecaman keras dari berbagai kalangan, termasuk dari pemerintah juga. Seperti yang diketahui, tahun lalu pemerintah Indonesia diharuskan untuk ikut bertanggung jawab ganti rugi kepada lahan warga yang ditenggelamkan oleh lumpur lapindo dan mengeluarkan dana yang sangat besar.

Wiratmaja Puja selaku Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral IGN ini mengklaim, bahwa pihaknya juga akan segera menghentikan niatan pengeboran sumur anyar Lapindo di kota Sidoarjo.

“Kementerian ESDM saat ini telah berkoordinasi dengan pihak SKK Migas untuk menghentikan rencana mengenai pengeboran sumur baru Tanggulangin (TGA)-6 di well pad TGA-1 serta Tanggulangin (TGA)-10 di well pad TGA-2,” ungkap Wiratmaja, pada hari Jumat (8/1/2016) sore kemarin.

Tidak cuma itu, ia juga mengimbau peninjauan ulang kepada beberapa lini di lokasi itu. Ia khawatir kepada faktor keamanan dari sisi geologis mauapun sosial terhadap pengeboran yang akan dilakukan ini. Lebih jelasnya, Wiratmaja menegaskan, bahwa pengeboran tersebut belum disertai dengan persetujuan dari pihak kementrian. “Sampai saat ini Ditjen Migas juga belum memberi persetujuan keselamatan kerja pengeboran serta spud in,” tambah Wiratmaja.

Be the first to post a comment.

Add a comment